2 1 6y 3x 4
1. Soal Ujian Nasional 2017
Bentuk sederhana dari five×two – 2xy – 8y2 – 6×2 – xy + 3y2 adalah ….
- –xii – 3xy + 5y2
- –x2 – 3xy – 5y2
- xtwo + xy – 5ytwo
- xtwo + xy + 5y2
Pembahasan:
5x2 – 2xy – 8y2 – 6x2 – xy + 3ytwo = 5xii – 6x2 – 2xy – xy – 8yii + 3ytwo
= – x2 – 3xy – 5yii
Jawaban: B
ii. Jika thou merupakan penyelesaian dari v(7x – iv) = –three(–9x + 12) + 8, nilai thousand – seven adalah ….
- –8
- –6
- –5
- –two
Pembahasan:
5(7x – 4) = –3( –9x + 12) + 8
⇔ 35x – 20 = 27x – 36 + eight
⇔ 35x – 27x = –36 + 8 + 20
⇔ 8x = –8
⇔ x = = 1
Maka, 10 = k = 1
Jadi, 1000 – 7 = 1 – 7 = –vi
Jawaban: B
3. Soal Ujian Nasional 2015
Banyak kelereng Rian x buah, sedangkan kelereng Andri 3 buah kurangnya dari kelereng Rian. Jika jumlah kelereng mereka 18 buah, model matematika yang tepat adalah ….
- A.2x + 3 = eighteen
- 2x – 3 = eighteen
- 10 + three = eighteen
- x – 3 = 18
Pembahasan:
Misalkan: kelereng Rian → x
kelerang Andri → 10 – 3
Rian + Andri = eighteen → x + (x – 3) = xviii
→ 2x – 3 = 18
Jawaban: B
4. Perhatikan pernyataan berikut!
- 4xii – 9 = (2x + 3)(2x – three)
- 2xii + x – iii = (2x – 3)(x + 1)
- x2 + x – six = (x + three)(ten – 2)
- xii + 4x – v = (x – 5)(10 + 1)
Pernyataan yang benar adalah …
- I dan II
- II dan III
- I dan Three
- II dan 4
Pembahasan:
I. 4x2 – 9 = (2x)2 – 32
= (2x + three)(2x – 3) (pernyataan (I) benar)
Ii. 2x2 + x – 3 = (2x + 3)(ten – ane) (pernyataan (II) salah)
3. x2 + x – half dozen = (ten + 3)(10 – 2) (pernyataan (Iii) benar)
Four. x2 + 4x – five = (x + five)(x – 1) (pernyataan (IV) salah
Jadi, pernyataan (I) dan (II) benar.
Jawaban: C
5. Soal Ujian Nasional 2014
Jika x adalah penyelesaian dari 5x – viii = 3x + 12, nilai dari x + 3 adalah ….
- 13
- viii
- 5
- –2
Pembahasan:
Jadi, nilai x + iii = x + iii = 13
Jawaban: A
half dozen. Perhatikan pemfaktoran berikut ini!
- 9ab + 21ac = 3a(3b + 7c)
- xtwo – nine = (x – 3)(x – three)
- 3p2 – p – 2 = (3p + 2)(p –one)
Pemfaktoran tersebut yang benar adalah ….
- (i) dan (ii)
- (i) dan (iii)
- (ii) dan (three)
- (i), (two), dan (iii)
Pembahasan:
- 9ab + 21ac = 3a(3b + 7c) (pernyataan (i) benar)
- 102 – ix = (x – three)(x + 3) (pernyataan (2) salah)
- 3p2 – p – two = (3p + 2)(p – i) (pernyataan (iii) benar)
Jadi, pernyataan (i) dan (three) benar.
Jawaban: B
7. Soal UN 2013
Hasil dari (ten – 2y)ii adalah ….
- xtwo + 4xy + 4y2
- –ten2 – 4xy – 4y2
- x2 – 4xy + 4y2
- xtwo + 4xy – 4y2
Pembahasan:
(x – 2y)2 = (x – 2y)(ten – 2y) = x2 – 2xy – 2xy + 4y2 = 102 – 4xy + 4ytwo
Jawaban: C
8. Diketahui A = 10 – y dan B = 3x – 4y. Hasil dari A – B adalah ….
- –2x + 3y
- –2x – 5y
- 2x – 5y
- 2x – 3y
Pembahasan:
A – B = (x – y) – (3x – 4y ) = 10 – y – 3x + 4y = x – 3x – y + 4y = –2x + 3y
Jawaban: A
9. Hasil dari 4p3q2 × 6p2r3 adalah ….
- 10 pfive qtwo r3
- 24 pv qtwo r3
- 24 p6 q2 r
- 24 pvi q2 r3
Pembahasan:
4piiiqtwo × 6ptwor3 = (4 × 6) p3 + two q2 r3 = 24 p5 q2 r3
Jawaban: B
x. Bentuk sederhana dari adalah ….
Pembahasan
Jawaban: C
2 1 6y 3x 4,
Source: https://bintangwahyu.com/matematika-smp-aljabar/
Posted by: morristwounds.blogspot.com
0 Response to "2 1 6y 3x 4"
Post a Comment